Senin, 07 Agustus 2017

APA TUJUAN BLOG INI ?

Tujuan dari blog ini adalah untuk mengajak bersama-sama mengenal dan belajar bahasa pemrograman Java. Apa yang saya tulis di sini lebih merupakan pandangan subyektif selama berkenalan dengan dunia Java. Saya akan menulis seefektif mungkin untuk bisa dipahami dengan cepat dan mudah dengan cara saya sendiri. Di luar itu akan saya sertakan link pendukung untuk mempelajarinya. Rencananya akan dibagi melalui beberapa tingkatan yaitu tingkat pemula, menengah dan lanjut.

Java adalah salah satu bahasa pemrograman yang tengah populer pada saat ini (sebetulnya sudah lama). Nama Java sendri diambil dari kata Jawa nama sebuah pulau di Indonesia. Untuk mengenal lebih jauh tentang Java bisa dibaca di https://en.wikipedia.org/wiki/Java_(programming_language). Pada saat artikel ini dibuat Java menduduki peringkat 1 dari bahasa pemrograman yang ada di dunia berdasarkan https://www.tiobe.com/tiobe-index/.

Apa yang menarik dari Java ?
- WORA (Write Once Run Anywhere) yang artinya kode Java yang ditulis cukup 1 kali dan hasilnya bisa berjalan di semua OS seperti Windows dan Linux. Kenapa demikian? Karena kode Java hasil dari compile berjalan di JVM (Java Virtual Machine) yang diinstall terlebih dahulu di setiap OS.

Apa keuntungan belajar Java ?
- Karena banyaknya pembuatan aplikasi memakai bahasa Java maka kebutuhan akan tenaga yang bisa menggunakan Java juga tinggi. Kesempatan lebih besar dan terbuka lebar dengan membuat aplikasi berbasis Java.

Apa modal dasar menjadi programmer ?
- Terbiasa menggunakan logika.,

Belajar Java susah tidak ?
- Selama sudah punya modal dasar jadi programmer, belajar apapun bahasanya sangat memungkinkan untuk menguasainya. Hanya memang perlu waktu tersendiri untuk memahami konsep, pattern dan mempelajari sintak-sintak yang digunakan. Untuk zaman sekarang sudah banyak bahan-bahan untuk belajar dari web atau video. Forum untuk diskusi pun telah banyak tersedia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar